INSAN PENGUKIR MASA DEPAN

Tanggal Posting : 2016-05-21 15:38:32
ESKUL MADING

Acara pelepasan diawali dengan masuknya para wisudawan yang memakai kebaya menuju tarub dengan diiringi lagu tradisional Jawa. Dilanjutkan dengan Bapak Kepala Sekolah, bapak ibu guru SMK Negeri 1 Purbalingga serta perwakilan komite dan perwakilan dinas pendidikan sebagai tamu undangan yang memasuki tarub dengan diiringi tarian “Selamat Datang” oleh perwakilan ekstrakurikuler Seni Tari.

Sambutan acara diawali dengan ucapan selamat dari kelas X dan XI yang diwakilkan oleh Fedora Fidela dilanjut dengan ucapan terimakasih dari Jembar Nusa Jaladry sebagai perwakilan kelas XII. Setelah ucapan dari perwakilan kelas selesai selanjutnya sambutan dari Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Purbalingga, Bapak Drs. Yosep Win Puji Punarwo, M.Pd. Pada sambutan acara ini bapak Yosep menyampaikan bahwa dari 414 wisudawan, 25 siswa sudah terdaftar sebagai mahasiswa di UNNES, UNY, UNJ dan Universitas Brawijaya tanpa melalui tes dan sebagian siswa sudah mulai bekerja. Harapannya bagi siswa yang ingin melanjutkan sekolah maka selayaknya tetap selalu belajar dan bagi siswa yang ingin memasuki dunia kerja maka selayaknya mulai bergerak, tidak perlu ragu ataupun malu. Dengan bekal yang telah diajarkan bapak ibu guru sekalian harapannya para siswa dapat mempraktikkannya sehingga bisa meraih kesuksesan.

Ketua Komite dan Sekretaris Dinas Pendidikan sebagai tamu undangan juga turut memberikan sambutan dan pesannya. Bapak Sugiman, BA., selaku yang mewakili Ketua Komite berpesan kepada wisudawan untuk berbakti kepada orang tua dimanapun berada, memohon ijin disetiap memulai langkahnya dan selalu menjadi alumni SMK Negeri 1 Purbalingga yang dibanggakan.

Puncak acara pelepasan siswa kelas XII yaitu acara penyerahan kembali perwakilan siswa dari pihak pimpinan sekolah yaitu Bapak Drs. Yosep Win Puji Punarwo, M.Pd., kepada pihak wali murid yang diwakilkan oleh Bapak Sugiman, SH., selaku ketua komite. Acara tidak berhenti sampai disini saja karena masih ada sesi pemberian plakat dan penyematan samir untuk wisudawan. Siswa yang menerima plakat merupakan siswa yang meraih nilai tertinggi masing – masing jurusan. Diantaranya Ana Arifah dari jurusan Akuntansi, Weni Puji Rahayu dari jurusan Administrasi Perkantoran, Eka Lesta Mega dari jurusan Pemasaran, Tri Wahyuni dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Afif Ari Hastowo dari jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Acara pelepasan siswa kelas XII diwarnai juga dengan pelepasan burung pipit oleh Kepala Sekolah, perwakilan komite serta perwakilan bapak ibu guru. Alasan mengapa diadakannya pelepasan burung pipit, karena burung pipit menandakan masa depan yang cerah serta sikap burung pipit yang gesit dan lincah harapannya dapat dicontoh oleh siswa. Meriahnya acara pelepasan siswa kelas XII juga atas partisipasi para siswa, guru dan alumni yang ikut memberikan hiburan disepanjang acara. Diantaranya Tari Odori khas Jepang dari siswa SMK Negeri 1 Purbalingga yang pernah meraih juara 1 tingkat Jawa Tengah pada tanggal 16 April 2016, Band dari siswa, Paduan Suara, Drama dari Ekstrakurikuler Pramuka, Tari tradisional dan Dance dari Ekstrakurikuler Seni Tari, Stand Up Comedy, dan masih banyak lagi hiburan lainnya.