DOA YANG PALING UTAMA

Tanggal Posting : 2016-10-14 11:23:39
MADING YUKIMOS

Itulah kata yang disampaikan oleh kak Fidela atau yang sering disapa kak Fedora. Dia adalah salah satu siswa yang berhasil menorehkan prestasi dalam lomba debat Bahasa Indonesia. Mengikuti lomba adalah harapan semua orang. Sebelumnya tidak terbayang olehnya menjadi juara lomba dalam debat Bahasa Indonesia tingkat nasional. Kunci utama mencapai kata sukses adalah doa.

Prestasi yang pernah diraih dalam bidang non akademik antaralain menjadi juara lomba tari tradisonal, paduan suara, pramuka. Dan dalam lomba akademik yaitu, lomba matematika, siswa berprestasi, kontes Bahasa Inggris, debat Bahasa Indonesia. Menurutnya prestasi yang paling membanggakan adalah mengikuti lomba debat Bahasa Indonesia tingkat nasional. Persiapan yang dilakukan ataralain materi, fisik, doa, dan niat yang tulus hanya untuk Allah.

Sebelum mengikuti lomba tersebut, persiapan yang dilakukan secara maksimal hanya dalam jangkauan waktu satu minggu. Karena sebelumnya mengikuti lomba siswa berprestasi di SMK untuk tingkat kabupaten dan sebelumnya ada kegiatan ulangan tengah semester gasal setelah itu baru berangkat lomba tingkat nasional. Dengan meraih prestasi lomba debat Bahasa Indonesia untuk tingkat nasional cukup membuat kebanggaan dirinya juga orang tuanya.

Anggota yang dimiliki SMKN 1 PURBALINGGA dalam satu tim terdiri dari tiga siswa yaitu, kak Fedora, kak Triyatun, kak Monita. Karena kebijakan yang dikeluarkan oleh provinsi yang diambil hanya first speaker yaitu pembicara satu maka yang mewakili dari Purbalingga hanya kak Fedora, yang kedua dari Pati, yang ketiga dari Gombong. Lomba yang diikuti ini adalah murni lomba debat Bahasa Indonesia sebelum menuju lomba dilakukan karantina pribadi kurang lebih seminggu. Dimana tiga hari pertama dilakukan didaerah Patemon, UNNES yang dibimbing oleh dosen dari UNNES dan guru SMK Pati, di Gombong selama tiga hari kemudian bertempat di hotel Citra Diana dipimpin oleh pihak provinsi. Lomba debat tersebut dilaksanakan di Pangkal Pinang.

Manfaat yang diperoleh dari lomba tersebut menurut kak Fedora adalah mendapatkan pengalaman baru, banyak berkenalan dengan teman berbagai provinsi, mendapatkan ilmu, dalam menyampaikan pendapat yang baik, berbicara yang baik, serta mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa.

Perasaan yang dirasakan ketika akan melaksanakan lomba adalah senang, semangat serta cemas karena perlu penyesuaian teman baru yang mengikuti lomba tersebut. Setelah lulus dari SMK kak fedora mempunyai keinginan melanjutkan kuliah tetapi harus dia pertimbangkan terlebih dahulu. Memilih kuliah dibidang matematika, bahasa, atau akuntansi. Sempat kemarin ditawarkan di mudahkan untuk yang juara di tinggkat nasional agar bisa mudah kuliah. Demi mengejar cita-cita kak Fedora banyak mengikuti lomba agar bisa tercapai ke inginannya Ia mempunyai keinginan kuliah dengan biaya sendiri dan kuliah gratis dengan cara mendapatkan beasiswa. Semoga apa yang dicita-citakan oleh kak fedoratercapai…Aamiin. Harapan yang disampaikan olehnya untuk adik kelas adalah dapat meneruskan prestasi yang telah dicapainya dan mempertahankannya. Bersifat yang baik, baik dalam materi,doa, dan niatnya dengan tulus karena ALLAH.