MPLS 2016

Tanggal Posting : 2016-07-25 16:35:39
MADING YUKIMOS

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah - Setelah libur selama satu bulan lamanya para siswa kembali lagi ke sekolah untuk mulai mempelajari ilmu baru. Begitu juga untuk para siswa SMKN 1 Purbalingga hari pertama masuk sekolah mereka akan mencari ruangan yang telah ditentukan dan memilih kursi untuk mereka tempati sehari-hari di kelas masing-masing. Kegiatan yang dilakukan dihari pertama sekolah yaitu ada Apel yang diisi dengan pidato dari Kepala Sekolah dan juga pembukaan MPLS. Setelah Apel ada Halal Bihalal yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah kecuali siswa baru, kegiatan dihari tersebut berjalan dengan baik.

Ada 499 siswa baru yang diterima di SMK N 1 Purbalingga. Tidak ada MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik Baru ) tahun ajaran baru ini karena Pemerintah tidak memperbolehkannya untuk itu diganti dengan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Peserta MPLS melakukan beberapa kegiatan selama 3 hari. Kegiatan MPLS diisi dengan berkeliling sekolah untuk memahami setiap tempat dan ruangan seperti agar mereka tidak bingung. Mereka berkeliling dipandu oleh Bina Damping yang akan menjelaskan tempat dan ruangan itu untuk dipakai. Setelah itu ada kegiatan lain yang diisi oleh beberapa guru untuk memberikan pengarahan pada peserta MPLS. Kegiatan yang lainnya yaitu UNPRES (Unjuk Prestasi), diadakan UNPRES ini agar siswa baru bisa memilih kegiatan ekstrakulikuler apa yang mereka minati sesuai bakat mereka. Kakak kelas akan menunjukkan keunggulan apa yang dimiliki dari masing-masing ekstrakulikuler.

Di SMK N 1 Purbalingga ini ada banyak ekstrakulikuler yang sangat bermanfaat sekali yaitu Pramuka, PMR, Paskas, Pecinta Alam, Rohis, English Club, Mading, Music dan masih banyak lagi. Dengan diadakan UNPRES ini diharapkan peserta MPLS ada gambaran untuk mengikuti ekstrakulikuler yang akan diikuti. Peserta MPLS juga diajarkan sopan santun kepada guru, karyawan, kakak kelas dan kepada masing-masing teman seangkatan.