UAS GENAP 2016

Tanggal Posting : 2016-05-24 13:44:31
MADING YUKIMOS

Ulangan akhir semester (UAS) genap SMK Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2015 / 2016 mulai dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Mei 2016. Test ini dilangsungkan dalam rangka mengambil nilai siswa untuk perhitungan nilai raport yang nantinya akan menjadi dasar kenaikan kelas siswa. Oleh karena itu, sebelumnya siswa sudah melakukan persiapan untuk melaksanakan test ini dengan belajar bersungguh – sungguh. Dalam test ini diterapkan dua jenis test, yaitu PBT (Paper Best Test) untuk siswa kelas 10 dan CBT (Computer Best Test) untuk kelas 11.

PBT (Paper Best Test) dilakukan menggunakan lembar kerja komputer. Hasil test dari PBT akan discan secara otomatis, sehingga nilai siswa dapat dengan mudah dan cepat diketahui. Ruangan yang dipakai untuk melangsungkan test ini berjumlah 26 ruangan. Kelas 10 yang mengikuti test ini berjumlah 456 siswa dari jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) 2 kelas, TKJ (Teknik Komputer Jaringan) 2 kelas, PM (Pemasaran) 2 kelas, AP (Administrasi Perkantoran) 4 kelas, dan AK (Akuntansi) 4 kelas. Adapun mata pelajaran yang diujikan yaitu 18 mata pelajaran untuk jurusan AK, TKJ & RPL, 16 mata pelajaran untuk jurusan AP dan 19 mata pelajaran untuk jurusan PM. UAS untuk jurusan AP berakhir pada hari Selasa, 31 Mei 2016 dan untuk jurusan AK, PM, RPL dan TKJ berakhir pada hari Rabu, 1 Juni 2016.

CBT (Computer Best Test) dilakukan untuk kelas 11. Mengingat nantinya siswa akan menghadapi ujian nasional berbasis komputer , UAS dengan CBT ini dijadikan sebagai latihan untuk siswa. Harapannya siswa menjadi lebih terbiasa untuk mengerjakan soal tes dengan komputer. Sebelum siswa melakukan test berbasis komputer ini, siswa telah diberikan arahan dari bapak ibu guru dan melakukan uji coba. Ruangan yang digunakan untuk melangsungkan tes ini yaitu Lab. Akuntansi, Lab. High Learning, Lab.RPL, Lab. TKJ, Lab. Soft 1, Lab. DW dan Lab. AP. Siswa yang mengikuti tes CBT ini sejumlah 446 dari jurusan AK 3 kelas, AP 4 kelas, PM 2 kelas, RPL 2 kelas dan TKJ 2 kelas. Karena kesungguhan siswa SMK Negeri 1 Purbalingga dalam melaksanakan test ini, UAS Genap tahun pelajaran 2015 / 2016 dapat dilaksakan dengan lancar. Harapannya semua usaha yang dikerahkan untuk menjalani UAS ini mendapatkan hasil yang maksimal di raport nanti.