0281 891 550
info@smkn1pbg.sch.id
Jalan Mayjend Sungkono Purbalingga 53371
blog-img
17/09/2019

“Youth Red Cross Competition se-Indonesia Tahun 2019” YRCC se-Indonesia Tahun 2019

SMK Negeri 1 Purbalingga | Prestasi

Palang Merah Remaja (disingkat PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR. Terdapat di PMI kota atau kabupaten di seluruh Indonesia, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Proses Pembinaan PMR dilaksanakan salah satunya di sekolah dimana unit PMR berada, PMI Kab/Kota bersama-sama dengan PMI Propinsi dan instansi terkait. Pembinaan ini dilaksanakan dengan mengacu pada manajemen Pembinaan PMR untuk menciptakan remaja yang memiliki karakter “Bersih, Sehat, Kepemimpinan, Peduli, Kreatif, Kerjasama, Bersahabat dan Ceria”. Melalui kegiatan pembinaan yang dilakukan, pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dimiliki terus dikembangkan dengan harapan anggota PMR dapat berperan sebagai “peer” sesuai tingkatannya, yaitu peer leadership untuk PMR Mula, peer support untuk PMR Madya dan peer educator untuk PMR Wira. Dengan peningkatan pengetahuan, sikap dan ketrampilan diharapkan meningkat dan mendorong perilaku positif pada remaja.

Semarang, 30 Agustus 2019 KSR PMI UNIT Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Kompetisi Kepalangmerahan Tingkat Nasional dengan nama ”Youth Red Cross Competition seIndonesia Tahun 2019” dengan tema perlombaan “Mempererat Persaudaraan Palang Merah Remaja Melalui Kreasi dan Inspirasi dengan Menjunjung Tinggi Sportivitas” Lomba tersebut dilaksanakan mulai Hari Jumat s.d. Minggu, tanggal 30 Agustus s.d. 1 September 2019. Perlombaan dimulai pukul 07.00 WIB – Selesai yang bertempat di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, Semarang.

Jenis dan bentuk kegiatan Lomba terdiri dari Videografi Sekolah Siaga Bencana (SSB), Lomba Cerdas Tangkas (LCT), Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), Arak-Arak Budaya (AAB), Sarasehan Pendamping dan Happy Fun dengan memperebutkan kejuaran Piala Bergilir YRCC dan dana pembinaan untuk juara umum, Piala tetap dan dana pembinaan untuk juara I, II, III Lomba Sekolah Siaga Bencana (SSB), Lomba Cerdas Tangkas (LCT), Lomba Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), Lomba Pertolongan Pertama (PP), dan Lomba Perawatan Keluarga (PK), Piala tetap untuk juara Harapan I, Harapan II, dan Harapan III Lomba Sekolah Siaga Bencana (SSB) ), Lomba Cerdas Tangkas (LCT), Lomba Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), Lomba Pertolongan Pertama (PP), dan Lomba Perawatan Keluarga (PK), Piala tetap untuk juara I, II, III Lomba Arak-Arak Budaya, Piala tetap gride A, B, C dan Total dana pembinaan senilai Rp 10.500.000,-

Teknis perlombaan untuk PP yaitu tertulis dengan mengerjakan soal mengenai pengetahuan umum pertolongan pertama dan praktek mengenai simulasi menolong korban, untuk pk teknisnya sama seperti lomba pp, untuk asb membuat video simulasi sekolah aman bencana dan dipresentasikan, untuk lct mengerjakan soal tertulis mengenai pengetahuan umum pmr wira dengan seluruh sub dan waktu yang sudah di tentukan, untuk lomba prs menampilkan sebuah pentas seni yang berhubungan dengan pendidikan remaja sebaya dan untuk lomba arak-arak budaya mempersembahkan ciri khas budaya di masing-masing daerah.

Lomba di ikuti oleh 36 Kontingen yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Luar Kota. Setiap team terdiri dari 5 Anak. SMK Negeri 1 Purbalingga  hanya mengirimkan 1 team yang terdiri dari 2 pembina yaitu Bu Devi Artati, S.Pd., dan Bu Restu Afri Widhi Hatutiningsih, S.Pd., dengan anggota 5 orang yang terdiri dari Desty Amanda Ramadhani (XII AKL 3), Ericha Widyaningsih (XII AKL 3), Dina Tri Yuliana (XII AKL 2), Dita Milatul Hidayah (XI AKL 2), Annisa Nur Hasanah (XI BDP 1)

Kegiatan dimulai pukul 07.00 sebelum memulai kegiatan para kontingen dipersilahkan untuk mempersiapkan tempat transit dan beristirahat. Kegiatan di hari pertama yaitu registrasi ulang peserta dan upacara pembukaan dilanjutkan dengan TM yang bertujuan untuk memperjelas teknis perlombaan serta pengambilan nomor undian, kemudian disore harinya dilanjutkan lomba PRS part 1 dan Lomba SSB part 1.

Dihari ke dua Lomba dimulai pukul 07.00 dan yang di lombakan yaitu Lomba tertulis dan Praktek PP (Pertolongan Pertama) yang diikuti oleh Dina Tri Yuliana dan Dita Milatul Hidayah, Tertulis dan Praktek PK (Perawatan Keluarga) yang diikuti oleh Erica Widyaningsih dan Annisa Nur Khasanah, Tertulis LCT (Lomba Cerdas Tangkas) yang diikuti oleh Desty Amanda Ramadhani dan Sarasehan Pendamping yang diikuti oleh Pembina. Disore harinya dilanjutkan dengan Lomba  SSB part 2  dan PRS part 2, dari Team SMK Negeri 1 Purbalingga mempersembahkan Drama Pemburu Bandar Narkoba.

Dihari ketiga dilanjutkan dengan Final LCT dan Lomba Arak-Arak Budaya. Lomba Final LCT di ikuti oleh 10 anak yang sudah masuk Final diantaranya Team SMK Negeri 1 Purbalingga. Untuk Arak Arak Budaya team SMK Negeri 1 Purbalingga mempersembahkan budaya Golaga (Goa Lawa Purbalingga) dan Tari Banyumasan. Setelah semua perlombaan selesai dilanjutkan kegiatan sore harinya yaitu upacara penutupan dan pengumuman Juara. Untuk Team SMK  Negeri 1 Purbalingga Mendapatkan Juara 2 Lomba Arak-Arak Budaya dan mendapatkan Grade B. Setelah kegiatan selesai seluruh kontingen langsung merapikan tempat transit dan dilanjutkan dengan kegiatan sayonara untuk pulang menuju daerahnya masing-masing.

Jurnalis : Desty Amanda Ramadhani

Bagikan Ke:

Populer