0281 891 550
info@smkn1pbg.sch.id
Jalan Mayjend Sungkono Purbalingga 53371
blog-img
17/09/2019

PTA (Penerimaan Tamu Ambalan) 2019 SMK Negeri 1 Purbalingga

SMK Negeri 1 Purbalingga | Kesiswaan

PTA atau PENERIMAAN TAMU AMBALAN adalah kegiatan untuk menerima warga ambalan baru yang berasal dari berbagai SMP (Penggalang) untuk menjadi pramuka penegak di SMK Negeri 1 Purbalingga. Kegiatan PTA 2019 dilaksanakan pada Jumat - Sabtu tanggal 19-20 Juli 2019 yang bertempat di SMK Negeri 1 Purbalingga.  Kegiatan PTA 2019 melibatkan kelas 10 SMK Negeri 1 Purbalingga sebagai peserta, panitia PTA dari Bantara dan Laksana kelas 11 dan kelas 12, serta panitia dari guru pendamping.

Rangkaian kegiatan PTA tahun ini dibuat seru dan menyenangkan namun juga tetap mengarah ke bagaimana mendidik tamu ambalan yang memiliki jiwa penegak yang berkarakter baik. Secara umum kegiatan mulai dari upacara pembukaan PTA 2019, setelah itu dilakukan berbagai macam giat seperti giat umum, giat pribadi, giat fisik, giat nonfisik, game, dan ASOS(Adventure Scout Of Sankar: penjelajahan pencarian pos). Selain itu PTA tahun ini juga diisi materi pramukan dari pembina pramuka, materi dari polres dan materi pembentukan karakter  dari Dewan Kerja Cabang. Unjuk prestasi juga ditampilkan dari pramuka SMK Negeri 1 Purbalingga ambalan Jenderal Ahmad Yani Raden Ajeng Kartini.

Tidak sampai disitu, pada malam harinya dilakukan Api unggun, Penayangan film kepramukaan dan motivasi dari pramuka dan smega movie agar tamu ambalan benar-benar siap menjadi penegak yang diharapkan. Kegiatan ditutup dengan bakti sosial Pramuka SMK Negeri 1 Purbalingga ambalan Jenderal Ahmad Yani Raden Ajeng Kartini. Dan Upacara Penutupan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan selamat hingga akhir kegiatan. Peserta menikmati alur kegiatan dengan senang, ceria dan antusias, mereka juga terlihat sangat bersemangat dari awal hingga akhir.

Pada tahun ini keunikannya yaitu PTA dilaksanakan bertempat di SMK Negeri 1 Purbalingga, sehingga peserta lebih aman dan mudah dikontrol, fasilitas dan kebutuhan kegiatan mudah diorganisir serta keselamatan lebih bagus dan terjamin. Karena peserta tidak membangun tenda untuk tidur, tetapi peserta tidur di ruang kelas yang sudah ditentukan, berbeda dengan MPP          ( Masa Penghayatan Penggalang ) yang masih membangun tenda dan berkemah diluar sekolah.

Mereka yang dulunya adalah penggalang sekarang sudah menjadi penegak , karena PTA ini merupakan penghubung mereka untuk menjadi pramuka penegak.

“Semoga kegiatan PTA yang akan datang lebih difasilitasi dan disuport penuh pelaksanaanya (dari persiapan sampai selesai), Peserta dapat menikmati kegiatan dengan senang, lebih ceria dan lebih penuh semangat. PTA harus lebih baik dan bermanfaat kegiatannya, PTA harus berkesan dan bisa merubah maindset dan kebiasaan nya menjadi kebiasaan yang lebih baik-Novanda Kurniawan(Ketua Panitia PTA 2019)”

Ikhla bakti bina bangsa, Berbudi bawa laksana.

Salam pramuka !!!!

 

Jurnalis : Singgih Ardiansyah

Bagikan Ke:

Populer